Fakta & Manfaat Kopi Yang Tersembunyi Di Balik Aromanya

Belakangan ini kopi khususnya black coffee sudah menjadi bagian dari lifestyle umat manusia secara global. Penikmat kopi bukan hanya warga dunia berusia dewasa. Para remaja yang beranjak menuju usia generasi Z pun sudah menjadi bagian dari komunitas pecinta kopi sejati. Mereka merupakan bagian dari gaya hidup cosmopolitan di perkotaan. 

Jumlah coffee lovers dan penggila kopi semakin meningkat jumlahnya di seluruh dunia, bahkan semakin merebak sejak ada pandemi global gara-gara COVID-19 alias virus Corona. Pesanan kopi secara online kian menggila. 

Limabelas tahun lalu penikmat kopi sejati adalah orang-orang berusia di atas 30an tahun. Menyeruput secangkir Kopi bagian dari ritual pagi sebelum berangkat kerja atau aktivitas lain. Di antara mereka ada yang minum kopi sambil menghisap rokok putih atau kretek. Konon, rokok dan segelas kopi sudah merupakan kombinasi sempurna. Katanya inspirasi sebuah lagu, lukisan atau karya seni akan cepat muncul karena kombinasi rokok dan secangkir kopi. 

Apakah semua klaim itu benar?


Ngopi bareng para sahabat di sebuah coffee plantation di Bali, 
pasti sangat menyenangkan sambil holiday in paradise (baliesadrivers.com)

Bisa saja begitu. Manusia merupakan mahkluk yang sangat unik. Ketika "sesuatu" menjadi semacam "candu", maka akan dinyatakan sah sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan mereka. Pada akhirnya kita pun akan terjebak di antara mitos dan fakta. 

Terlepas dari itu fenomena yang telah melegenda itu, ada yang menyebut kopi adalah elixir of life, bahkan kopi merupakan nectar of the Gods. Ada pula yang mengatakan bahwa Coffee as elixir of the Gods

Dari sudut pandang pebisnis, kopi mungkin dianggap sebagai black gold yang membuat mereka menjadi billionair dan menambah rekening bank mereka dengan rupiah atau mata uang terkenal lainnya. Para petani kopi mungkin menganggap kopi sebagai tanaman yang akan membuat hidup mereka lebih sejahtera. 


Tempat ngopi yang cozy ini nampak sepi karena dampak Covid-19.
Banyak yang rindu suasana hebohnya ngopi di coffee shop atau warung kopi.
Betul kan? (yopiefranz.com)

Di manapun dan bagaimana cara kopi itu disajikan, entah panas atau dingin. Para ahli memberikan informasi yang selama ini anda sudah anda ketahui dan yakini, baik dari sudut positif maupun negatifnya. 

Seperti jenis makanan dan minuman lainnya, jika dengan bijaksana kita mengaturnya untuk menikmatinya tanpa berlebihan, maka akan banyak manfaat yang kita akan dapatkan. Begitu pula kopi. 

Kopi mengandung anti oksidan dan berbagai nutrisi lain. Kalau minum kopi dengan takaran yang pas dan tidak berlebihan, maka kita kan hidup sehat dan bugar, bahkan sangat berguna untuk menambah semangat serta gairah dalam pekerjaan, lebih kreatif, semangat dan membuat kita bahagia dan produktif. 

Kopi juga dipercaya bisa dimanfaatkan untuk mencegah berbagai penyakit seperti sakit jantung, diabetes, bahkan mampu untuk mencegah Demensia dan Alzheimer. Para penderita penyakit ini akan menurun daya ingat dan kemampuan berpikir manusia semakin menurun, bahkan mempengaruhi terhadap perubahan perilaku dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Cafein dan zat lain yang ada pada kopi juga memiliki manfaat untuk pengobatan yang diracik dalam ramuan obat di berbagai perusahaan farmasi dunia. Namun, tidak semua orang nyaman dengan minuman hitam dan beraroma khas ini. Ada sebagian orang yang organ tubuhnya terganggu bahkan tidak dibolehkan minum kopi seperti para penderita maag. 

Saran terbaik yang bisa diikuti agar tetap aman dan sepanjang usia bisa menikmati kopi adalah minum kopi asli tanpa tambahan gula dan perasa lainnya seperti creamer. Sesekali boleh lah untuk selingan. Jangan dijadikan sebagai rutinitas. 

Kopi pahit yang disajikan sebagai kopi tubruk, espresso atau Americano akan terasa nikmat dengan sajian Kue Klepon atau cake, biscuit dan snack lainnya yang biasanya gurih atau manis. 



Maanfaat tersembunyi lainnya adalah kopi diyakini bisa mencegah impotensi pada kaum pria. Aroma kopi pada parfum, dan terutama aroma kopi asli dari muncul dari secangkir black coffee juga bisa membuat para pria mendapatkan calon kekasih. 

Betul kah itu? Believe it or not lah. 

Yang penting, jangan minum kopi berlebihan. Meskipun minum kopi dikatakan bisa membuat orang sulit tidur  - yang bisa dipercaya adalah janganlah minum kopi sambil tiduran. 

GOOD NEWS

Ingin punya bisnis kopi dari rumah? Yuk mulai bisnis dan dapatkan informasi lengkap pada link berikut ini: 

BISNIS KOPI FROM HOME


Comments

Great Coffee Great People

Popular posts from this blog

Kopi: Lebih dari Sekadar Minuman - Manfaat dan Aplikasi Luar Biasa dari Biji Kehidupan

The genetic of coffee has been revealed

How to choose coffee machine for coffee lovers