Mengulik Kopi: Asal-Usul & Dampaknya Bagi Manusia

 Berapa kali sehari anda minum kopi sehari-hari? Atau anda tidak menyukai kopi dalam bentuk apapun? Ternyata kopi pasti pernah anda minum dalam produk tertentu, misalnya pada obat-obatan dan produk kesehatan lainnya. 

Tanaman kopi tumbuh dan menjadi komoditas sangat penting di berbagai negara, begitu pula di Indonesia. Meskipun banyak ada pecinta kopi di seluruh dunia, namun tidak banyak yang memahami asal usul kopi dan bagaimana dampaknya bagi manusia. 

Kopi berasal dari tanah airnya yaitu Ethiopia, Tanduk Afrika. Kopi baru muncul di dunia pada tahun 1511 ketika seorang pedagang Arab bernama Baba Budan membawa 7 buah kopi hijau dari Ethiopia ke India. Sejak saat itu, kopi menjadi minuman yang populer di dunia.


Kopi yang paling banyak tumbuh di Indonesia adalah robusta. Kopi diolah menjadi berbagai macam produk, seperti kopi bubuk, kopi instan, kopi sachet, kopi cincau, dan kopi kotak. 

Ternyata, Kopi dapat diolah menjadi berbagai produk lainnya, seperti produk kecantikan, produk kesehatan, dan produk lainnya, bahkan aroma kopi bisa tercium dan menjadi pengharum ruangan dan banyak digunakan di dalam mobil atau sebagai pengusir bau apek di dalam kamar. Tidak heran kalau ada parfum dengan aroma kopi. 

Kopi dikenal sebagai minuman yang menyegarkan dan membuat pencernaan sehat. Selain itu, kopi juga dikenal sebagai minuman yang mengandung kafein yang dapat membuat energi dan daya tahan tubuh meningkat.

Kopi pertama kali ditanam di Indonesia pada abad ke-16 oleh orang Portugis. Saat itu, kopi di tanam di daerah-daerah seperti Jawa, Bali, Sumatera, dan Sulawesi, bahkan di Papua serta daerah lainnya di Amerika Latin. Kopi merupakan salah satu komoditas ekspor terbesar Indonesia.

Jenis-jenis kopi di dunia antara lain adalah Kopi Arabica, robusta, liberica, excelsa, dan Abyssinia. Kopi jenis apa yang sering anda minum dalam kehidupan sehari-hari. Pada umumnya tidak banyak orang bertanya kepada barista atau penjual minuman kopi ketika memesan kopi tubruk, cappucino, espresso, cafe latte, dan variasi kopi lainnya, apakah jenis Robusta atau Arabika.

Apa saja efek dari kopi terhadap manusia?

Beberapa orang mengatakan bahwa kopi adalah minuman yang menyegarkan dan mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Ada berbagai macam studi yang telah dilakukan untuk mengetahui efek kopi terhadap tubuh manusia. Hasilnya, ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari konsumsi kopi setiap hari, diantaranya:

1. Meningkatkan konsentrasi dan daya ingat

2. Membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung

3. Membantu menurunkan risiko terkena diabetes

4. Membantu menurunkan risiko terkena kanker

5. Membantu meningkatkan produksi air susu ibu (ASI)

6. Membantu menurunkan risiko terkena demensia. 

Menurut berbagai penelitian ilmiah dan pengalaman orang yang minum kopi, dilaporkan bahwa kopi memiliki efek samping yang berbeda-beda terhadap tubuh setiap orang. Efek samping kopi pada tubuh manusia antara lain: mual, muntah, sakit kepala, insomnia, dan lain-lain.

Di kalangan para penggemar kopi, baik penikmat kopi sejati maupun para pemula, minum kopi yang dianggap normal dan tidak berdampak buruk bagi kesehatan adalah antara dua atau tiga cangkir sehari. Meskipun berbeda-beda selera dan kebiasaan orang minum kopi, dianjurkan untuk menyeduh kopi dengan takaran 1 sendok teh kopi untuk tiap 150 ml air.

Kopi adalah minuman yang unik seperti halnya anggur atau wine karena ada katagori atau gradenya, yang tergantung dari cara mengolah sejak ditanam, lokasi kebun kopi, pemetikan dan proses selanjutnya seperti penjemuran, memanggang biji kopi, sampai diolah menjadi kopi bubuk, dan seterusnya. 

Begitulah dunia kopi, yang penggemarnya sudah menyentuh para remaja, bukan hanya orang dewasa. Kopi kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup, sehingga menggoda banyak orang untuk terjun sebagai pengusaha kopi dengan segala variasinya, apkah membuka kedai kopi, hanya menjual biji kopik atau mengolah kopi sebagai produk makanan lainnya seperti kue, parfum, aroma terapi dan sebagainya. 

Yang penting bijaksanalah dalam mengkonsumsi kopi, sehingga nikmatnya kopi tetap bisa dirasakan sepanjang hidup. 

Adalah menarik untuk menyimak kopi sebagaimana bisa disaksikan pada tayangan berikut ini:








Comments

Great Coffee Great People

Popular posts from this blog

Kopi: Lebih dari Sekadar Minuman - Manfaat dan Aplikasi Luar Biasa dari Biji Kehidupan

The genetic of coffee has been revealed

How to choose coffee machine for coffee lovers