Mengungkap kembali sejarah Kopi Tubruk. Nggak nyangka lho

Setelah terjadi pandemi global gara-gara Covid-19 atau Virus Corona, kapan anda terakhir menikmati secangkir kopi di Café atau warung kopi favorit anda bersama kekasih, keluarga, para sahabat atau sekadar reuni kecil?

Ada yang rindu ngopi bareng seperti ini sambil santai atau ngomong-ngomong
soal politik, bisnis atau ide baru? (diadona.id)

Ada banyak cara dan gaya minum kopi di dunia yang berkembang dari jaman ke jaman. Saat ini mungkin anda sedang minum cappucino atau caffe latte, bahkan ada di antara anda lebih menyukai Kopi Tubruk. Ini adalah gaya khas minum kopi Nusantara, terutama di tanah Jawa dan Bali. 

Dikutip dari coffeeland.co.id Kopi tubruk adalah sajian black coffee atau kopi hitam yang paling sederhana. Kopi tubruk ini awalnya berasal dari daerah Pulau Bali dan Jawa. Karena perkembangan zaman dan migrasi penduduk, metode ini pun akhirnya menyebar ke daerah lain di Nusantara. Konon kopi tubruk adalah metode penyajian minum kopi yang paling tua. Ini masuk akal.


Ini sajian kopi tubruk paling heboh, sampai meluap (simplygroup.co.id)

Menurut sejarah, metode seduh ini awalnya diperkenalkan oleh pedagang dari timur tengah pada era kolonial. Proses pembuatan kopi ini masih sangat tradisional dan sederhana. Tidak butuh alat seduh kopi yang mahal, yang mungkin telah anda impor dari Italy. Ketika menikmati kopi tubruk, Anda juga akan menikmati ampasnya.

Untuk mereka yang tidak nyaman dengan ampas, biasanya orang Bali atau Jawa akan menggunakan lepekan. Mereka menuangkan kopi dengan memiringkan cangkirnya ke lepengan, lalu terjadilah seruput kopi paling nikmat dalam sejarah perkopian Indonesia. 


Yang mana gaya anda ketika menikmati kopi tubruk? (coffeetalk.id)

Tentang arti Tubruk memang bisa "agak" simpang siur karena ada yang mengikuti versi "sejarah" yang menyebutkan berasal dari Bahasa Jawa yaitu bertabrakan. Dalam Bahasa Bali disebut metabrakan. Yang penting istilah Kopi Tubruk ini sudah Indonesia Banget. 

Menurut versi Herr Boediman Harjanto, alumni Jerman yang sering dipanggil dengan sebutan Pak Ato - history Kopi Tubruk dimulai ketika ada orang Belanda dan Inggris pulang dari Timur Tengah melanjutkan perjalanan ke Eropa Utara. Mereka mampir di sebuah desa dan orang Belanda senang dengan kopi yg diminum. Mereka menamakan kopi yang ada ampasnya itu dengan nama Koffie van Tobruk. Gaya minum kopi ini lalu dibawa ke Nusantara dan disebut sebagai "Kopi Tubruk" Mereka sekaligus membawa bibit kopi dan ditanam di tanah Jawa dan berbagai daerah lainnya di Nusantara, termasuk Bali. 

Sejarah kopi tubruk ini memang menarik. Disimak dari situs coffeetalk.id konon Resep kopi tubruk dikenalkan oleh para saudagar dari Timur Tengah 400 tahun silam. Sejak itulah masyarakat Nusantara menikmati kopi dengan cara tubruk atau diseduh langsung dengan cara menyiramkan air panas yang baru satu atau dua menit mendidih, baik itu pada bubuk kopinya, kulit daging maupun buahnya. Dan selama itu pula Kopi Tubruk dianggap sudah menjadi identitas ngopi di Indonesia.


Gaya lainnya kopi disaring dengan filter. Terserah anda (mldspot.com)

Meskipun cara menyeduh kopi semakin modern, kopi tubruk masih manjadi favorit saat menikmati kopi, terutama di pedesaan. Bahkan cara sederhana ini digunakan oleh seluruh dunia dalam mengidentifikasi karakter kopi, yang disebut Cupping

Menarik pula apa yang ditulis situs sesamecoffee.com tentang Kopi Tubruk ini bahwa Kopi yang disajikan bersama ampas ini untuk membuatnya, panaskan air hingga mendidih, kemudian giling biji kopi dengan grinder. Jika anda sudah memiliki kopi dalam bentuk bubuk, maka tidak perlu menggilingnya. Setelah air mendidih, tunggu sebentar (sekitar 2 menit), tuang air panas ke dalam gelas dan sajikan.

Cara membuat kopi tubruk sangat bebas dan ukuran giling biji yang digunakan pada dasarnya sesuai selera. Banyak yang menyarankan menggunakan coarse grind size. Namun, Sasame Coffee menyarankan ukuran giling ideal untuk tubruk adalah fine, maksudnya giling halus. Ini tentu ideal untuk penikmat kopi yang kurang nyaman dengan ampas yang terlalu banyak. Ada juga yang mengatakan bahwa kalau kita menyeduh kopi tubruk dengan gilingan kasar, maka aroma kopi akan terasa lebih kuat. 

Nah, kopi asal daerah mana yang paling pas untuk diseduh dengan gaya Tubruk?

Jika ingin menikmati kopi unik dari tanah Gayo, yuk klik link berikut ini: 

BISNIS KOPI 

Yang penting adalah kopi bubuk yang belum dicampur dengan aroma lain, sehingga anda akan mendapatkan sensasi asli kopi. Asal kopi pastikan dari Nusantara, meskipun tidak dilarang untuk menggunakan kopi dari Ethiopia, Columbia atau Brazil. 

Indonesia adalah salah satu penghasil kopi terbesar dunia yang sudah sejak lama diekspor terutama yang kelas premium. Padahal pangsa pasar kopi di Indonesia sangat besar, yang mungkin saja pasokan kopi Indonesia masih perlu impor. Benarkah begitu?

Yuk simak penjelasan lebih lanjut tentang seluk beluk kopi bersama Pak Atok, alumni Jerman yang juga merupakan seorang coffeepreneur (Enterpreneur atau pengusaha Kopi) alias sudah lama berbisnis kopi. Tayangan berikut ini cocok disimak oleh penikmat kopi sejati. 

Mungkin anda terinspirasi dengan penjelasan Herr Boediman Harjanto pada tayangan di atas, sehingga anda tertarik untuk menjadi coffee reseler atau menjual kopi dengan resep paling unik secara online?

Yuk mulai bisnis kopi, mumpung banyak orang yang sedang sibuk working from home atau stay at home

Peluang bisnis selalu ada kapan pun, bahkan di tengah kesempitan. 

Comments

Great Coffee Great People

Popular posts from this blog

Kopi: Lebih dari Sekadar Minuman - Manfaat dan Aplikasi Luar Biasa dari Biji Kehidupan

The genetic of coffee has been revealed

How to choose coffee machine for coffee lovers